SEMINAR “Melatih Tanggung Jawab Pada Anak”

DSC00646Alhamdulillah pada tanggal 26 maret 2016 sudah dilaksanakan kegiatan parenting tentang “Melatih Tanggung Jawab Pada Anak” Yang memberikan materi tersebut adalah ibu Sitti Evangeline I Suaidy, M.Si, Psi. Beliau berada di bawah yayasan kita dan buah hati yang dipimpin oleh Bu Elly Risman. Tempat seminar dilaksanakan di Blessing Room Lt.6 BTC Pasteur. Peserta yang hadir adalah orangtua siswa, guru dan karyawan PG-TK-SD-SMP Ibnu Sina yang berjumlah sekitar 250 orang.
Disimpulkan beberapa point penting tentang melatih tanggung jawab pada anak. Menjadi orangtua itu tidak mudah, apalagi di zaman sekarang. Mengemban amanah mengasuh dan mendidik anak hingga kelak menjadi insan yang tangguh dan shalih adalah tugas yang sangat berat. Bagaimana cara menanamkan rasa tanggung jawab :
– Anak harus bertanggung jawab terhadap dirinya, perbuatannya, pekerjaannya, keluarga, teman dan masyarakat.
– Anak belajar bertangung jawab dengan mengamati orang dewasa disekitarnya.
– Mengajarkan pada anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga
– Saat mengajarkan tanggung jawab pada anak, jangan lupa mengenalkan anak pada konsekuensi.
– Jika anak sudah merasakan konsekuensi, bimbinglah anak untuk mencoba lebih baik lagi.
– Bantulah anak untuk mengerti hubungan antara tanggung jawab dengan hak pribadi, berilah tambahan hak jika tanggung jawab anak bertambah juga.
Makna tanggung jawab bagi anak:
1. Menunjukkan diri mampu dan mengontrol diri sendiri.
2. Menimbulkan rasa percaya diri.
3. Hidup ada konsekuensi terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
4. Masyarakat dan dunia berfungsi bila orang saling berusaha dan bertanggung jawab
Peran orang tua: sahabat dalam tanggung jawab adalah:
– membimbing anak dalam setiap kesempatan, sepanjang hidup
– orang tua jadi role model
– bantu untuk mengerti hubungan antara tanggung jawab dan hak pribadi
– siap dengan kesalahan yang dibuat anak. Bantu anak membersihkan dirinya dan maju lagi
– jadikan kegagalan sebagai guru besarnya, dan selalu mencoba lagi
– beri penghargaan untuk yang telah dengan baik keberhasilannya
Pengasuhan keluarga adalah membentuk kebiasaan dan meninggalkan kenangan bagi anak. Sementara kekayaan paling berharga yang dimiliki orangtua adalah waktu. jika orangtua kehilangan waktu untuk bersama anak-anaknya, dia akan kehilangan kesempatan yan tidak bisa diulang kembali. Begitu juga jika orangtua menunda melatih kemandirian dan tanggung jawab sejak dini, maka orangtua akan kesulitan pada kemudian hari.
Sejak umur satu tahun setiap anak bisa diberi kesempatan untuk melakukan segala sesuatu. Orangtua cukup memantau saja, sepanjang apa yang dilakukannya tidak membahayakan kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan diri atau jiwanya, anak-anak bisa melakukan apa saja.
Orangtua jangan hanya membanjiri anak dengan kasih sayang membuta, namun juga berikan mereka dukungan dan dorongan untuk bereksplorasi dan mempunyai rasa ingin tahu.
Dengan belajar tanggung jawab, maka anak bisa menunjukan dirinya mampu dan mengontrol diri sendiri. Rasa percaya diri pun akan tumbuh jika anak berhasil mengerjakan semua tugasnya. Dalam memberikan tanggung jawab, orangtua juga harus peka terhadap kemampuan anak untuk bertanggung jawab. Kemampuan itu tergantung pada usia kematangan dan kepribadian anak. Semoga banyak manfaatnya. (Ela Nurlaila, S.Sos.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *